Tokyo Subway Pass

0 6 Comments


Tokyo Subway Pass adalah salah satu pass yang bisa teman-teman gunakan untuk keliling Tokyo dengan murah dan praktis. Tokyo Subway Pass ini mengcover semua ongkos kereta subway, baik yang dioperasikan oleh operator Tokyo Metro maupun Toei Subway. Tidak perlu lagi bingung membaca jalur kereta subway Tokyo yang ngejelimet alias membingungkan, dengan Tokyo Subway Pass, kita bisa keliling Tokyo dengan mudah dan murah!

Tokyo Subway Pass

Tokyo Subway Pass

Apa yang membuat kita harus membeli Tokyo Subway Pass?

Dengan memiliki Tokyo Subway Pass, teman-teman dijamin bisa keliling Tokyo dengan mudah dan murah. Ada banyak tempat wisata terkenal di Tokyo yang dilalui oleh kereta subway, seperti Shinjuku, Shibuya, Asakusa, Pasar Ikan Tsukiji, dan Roppongi. Jalur kereta subway juga melintang di tengah kota (tidak seperti JR Yamanote Line yang melingkar) sehingga kita bisa menghemat banyak waktu perjalanan.

Berapa harga Tokyo Subway Pass?

Jenis Tiket Harga Masa Berlaku
24-hours pass 800 yen (dewasa)
400 yen (anak-anak)
24 jam sejak aktif (digunakan pertama kali)
48-hours pass 1.200 yen (dewasa)
600 yen (anak-anak)
48 jam sejak aktif (digunakan pertama kali)
72-hours pass 1.500 yen (dewasa)
750 yen (anak-anak)
72 jam sejak aktif (digunakan pertama kali)

Harga tiket dewasa berlaku untuk wisatawan berusia di atas 12 tahun, sedangkan harga tiket anak-anak (setengah harga tiket dewasa) berlaku untuk wisatawan berusia 6-11 tahun. Untuk anak-anak di bawah 6 tahun, bisa naik kereta gratis alias tidak perlu beli Tokyo Subway Pass.

Tokyo Subway Pass ini hanya dijual kepada wisatawan (teman-teman mungkin akan diminta untuk menunjukkan passport dengan visa kunjungan sementara). Tanpa passport kita tetap bisa membeli Tokyo Subway Pass ini, seperti halnya penduduk lokal Jepang. Namun dengan harga 1.000 yen (lebih mahal 200 yen). Namun, lumayan kan bisa menghemat 200 yen?

Hitung-hitungan penggunaan

Harga rata-rata sekali naik kereta di Tokyo adalah 200 yen, artinya dalam 4 kali naik turun kereta dalam satu hari, kita sudah akan balik modal untuk tipe pass yang 24 jam. Lengkapnya sudah Tim Info Jepang rangkumkan sebagai berikut:

  1. Untuk 24-hours pass, akan balik modal jika kita naik kereta minimal 4 kali dalam waktu 24 jam.
  2. Untuk 48-hours pass, akan balik modal jika kita naik kereta minimal 6 kali dalam waktu 48 jam.
  3. Untuk 72-hours pass, akan balik modal jika kita naik kereta minimal 8 kali dalam waktu 72 jam.

Di mana kita bisa membeli Tokyo Subway Pass?

Pass ini dijual di Pusat Informasi Turis yang ada di Bandara Narita atau Bandara Haneda, dan juga melalui beberapa hotel yang ada di Tokyo, atau pusat perbelanjaan elektronik seperti BIC CAMERA, Sofmap, dan LAOX. Selain itu, teman-teman juga bisa membelinya secara online sebelum tiba ke Jepang, dan tinggal menukarkannya dengan pass fisiknya.

Catatan beberapa Objek Wisata di Tokyo:
Di jalur Tokyo Metro Line
Shinjuku, Harajuku (Kuil Meiji Jingu-mae), Shibuya, Omotesando, Roppongi, Otemachi (dekat stasiun Tokyo), Ginza, Tsukiji Market, Ueno, Oshiage (stasiun terdekat dengan Tokyo Skytree), Asakusa, Oshiage (Tokyo Skytree).

Di jalur Toei Line
Shinjuku, Akabanebashi (Tokyo Tower), Roppongi, Yoyogi (Taman Yoyogi), Higashi Ginza (Ginza), Iwamotocho (dekat Akihabara)

Bagaimana cara menggunakan Tokyo Subway Pass?

  1. Untuk menggunakan Tokyo Subway Pass, teman-teman cukup memasukkan pass ke dalam pintu karcis otomatis di stasiun (lihat gambar di atas).
  2. Saat pass dimasukkan atau digunakan pertama kali, maka akan tercetak tanggal dan waktu masa berlaku pass, ada yang 24 jam, 48 jam, atau 72 jam.
  3. Selama berada dalam masa aktif, teman-teman bisa naik kereta berkali-kali sepuasnya asalkan di dalam jalur subway Tokyo Metro atau subway Toei.
  4. Kalau kita ingin menuju ke tempat yang tidak dilalui kereta subway (misal gabungan perjalanan dengan kereta subway dan kereta JR), atau sebaliknya, di pintu karcis subway Tokyo Metro atau subway Toei, teman-teman bisa memasukkan pass ke dalam pintu karcis otomatis, sambil men-tap kartu SUICA/ Pasmo di kotak biru (lihat gambar di atas). Kalau lokasi pintu karcisnya berbeda (tidak terhubung langsung), maka bisa keluar dulu dengan menggunakan Tokyo Subway Pass, baru kemudian nanti masuk lagi dengan SUICA ke jalur kereta yang tidak tercover Tokyo Subway Pass.

Perbedaan Tokyo Subway Pass dan Tokyo Metro 24-hour pass

Cakupan Tokyo Subway Pass lebih luas dibandingkan Tokyo Metro 24-hour pass. Jika Tokyo Metro 24-hour pass hanya mengcover subway Tokyo Metro, Tokyo Subway Pass ini mengcover kereta subway Tokyo Metro (ada 9 jalur) dan kereta subway Toei (ada 4 jalur). Tokyo Metro Pass harganya juga lebih murah, yakni 710 yen.

Lihat juga: Tour Tokyo-Gunung Fuji Terbaik! atau Winter Osaka Kyoto

Sumber gambar: Flickr JapanExperiences

6 thoughts on “Tokyo Subway Pass”

  1. June says:

    Untuk membeli tiket tokyo subway pass ini, apakah bisa di beli di kansai airport atau kyoto? Jika di kyoto tersedia, di manakah lokasinya? Untuk penjualan yg di hotel, bisa diinfokan nama hotel yg menjual?

    1. nugrohochristian says:

      Ibu bisa beli di semua stasiun subway di Tokyo, setibanya di Tokyo. Salam.

  2. Dedi S says:

    Hello, sejak dari Bandara Narita Tokyo Subway Pass sudah bisa digunakankah? Untuk kereta apa saja kalau dari bandara? Trims

    1. nugrohochristian says:

      Tidak bisa pak, kereta subway baru ada di dalam kota Tokyo. Dari Narita, bapak bisa naik kereta Narita Ekspress atau Keisei sampai ke dalam kota Tokyo. Salam.

  3. ita says:

    Hallo, misalnya dari 1 tujuan ke tujuan lain harus menggunakan subway lalu transfer JR train, mentap kart pasmo/suica nya apakah di awal gate sebelum kita naik ke subway? Apakah bisa pakai tiket biasa yg dibeli di mesin? Terima kasih

    1. nugrohochristian says:

      Selamat pagi Ibu. Ibu bisa tap suica/pasmo di pintu karcis subway, nanti tap kembali di pintu karcis masuk JR. Salam

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.