Cara Mengecek Cuaca di Jepang

0 Comments


Ketika berlibur apalagi di Indonesia, mungkin kita sering mengabaikan kondisi cuaca. Kalau cerah ya syukur, kalau hujan ya memang gak jodoh buat liburan ke suatu tempat pada hari tersebut, mungkin bisa datang lagi lain kali. Namun, hal ini berbeda dengan yang ada di Jepang. Masyarakat Jepang telah terbiasa untuk melihat prakiraan cuaca sebelum beraktivitas harian atau keluar rumah. Selain kita bisa mempersiapkan payung perkiraan cuaca hujan, hal ini juga membantu kita dalam berpakaian. Ketika cuaca cerah dan panas, kita bisa memilih pakaian yang menyerap keringat dan tidak terlalu tebal begitu pula sebaliknya. Atau saat hujan turun sepanjang hari, kita bisa mengunjungi tempat-tempat wisata indoor seperti museum atau pusat perbelanjaan. Bagaimana ya cara mengecek cuaca di Jepang?

Cara Mengecek Cuaca di Jepang

Tampilan Mesin Pencari mengenai cuaca di Jepang

Paling mudah adalah dengan melihat langsung berita di televisi. Namun, rasanya agak sulit apalagi buat teman-teman yang tidak punya latar belakang bahasa Jepang atau tidak mengerti sama sekali. Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan aplikasi atau dengan mesin pencarian google atau yahoo. Cukup masukkan “Tokyo Weather 29 December 2017”, untuk bagian tempat dan tanggalnya bisa disesuaikan dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi dan rencana kunjungan teman-teman. Nanti hasilnya akan keluar berdasarkan rujukan mesin pencari. Namun setahu saya, masyarakat Jepang biasanya menggunakan Yahoo!Japan untuk mencari tahu prakiraan cuaca. Yahoo! Japan memberikan informasi prakiraan cuaca yang akurat dan banyak menjadi rujukan para pekerja/ komuter harian.

Caranya penggunaannya pun bisa dibilang mudah. Teman-teman cukup menuliskan lokasi yang ingin dikunjungi pada kolom pencarian. Misalnya kita akan ke Kyoto, maka kita hanya perlu menuliskan “Nara Weather”. Lalu kondisi cuaca atau prakiraan cuaca (jika kita mencari tahu masa depan) akan ditampilkan di layar. Yahoo! Japan akan menampilkan beberapa informasi. Diantaranya adalah prakiraan cuaca hari ini, temperatur, kelembapan, curah hujan, arah angin, dan kecepatan angin.

Berikut ini dua situs prakiraan cuaca di Jepang yang dapat teman-teman gunakan selama di Jepang.

1. Yahoo! Japan
2.  AccuWeather

So, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi cuaca sebelum bepergian di Jepang. Sayang kan udah prepare main di Tokyo Disneysea, eh ternyata malah hujan deras, bahkan tidak membawa payung dan jas hujan sama sekali! Saat sedang badai salju atau salju turun dengan lebat, suhu udara bisa turun drastis sehingga teman-teman bisa mempersiapkan jaket tebal, sarung tangan, topi, dan juga beberapa pasang kaos kaki.

1 thought on “Cara Mengecek Cuaca di Jepang”

  1. Ahmad Farhan says:

    Sip! Terima Kasih banyak.. ini sangat membantu 🙂

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.